Home > Terapi Infertilitas > Terapi heparin

Terapi heparin

19/01/2012

Seorang teman menceritakan mengenai istrinya yang menggunakan Fraxiparine (Nadroparin), yaitu sejenis heparin dengan berat molekul rendah, untuk penanganan infertilitas mereka.

Terapi heparin  biasanya diberikan pada wanita dengan masalah seperti riwayat keguguran berulang, atau riwayat janin meninggal dalam kandungan.

Pada pasien-pasien dengan riwayat obstetri seperti di atas, ada kemungkinan mereka menderita antiphospholipid sindrom, yang menyebabkan terjadinya jendalan darah di plasenta sehingga menyebabkan keguguran/kematian janin.  Jadi titik tangkap pemberian antikoagulan  seperti heparin adalah untuk menghindari/mengurangi penjendalan darah tadi sehingga diharapkan plasenta akan sehat dan janin akan berhasil berkembang.

Penjendalan darah terjadi karena keping darah (platelet) saling menempel saat terjadi luka atau memar sehingga kehilangan darah tidak semakin banyak.  Heparin ini bekerja menghambat pembentukan trombin yang penting dalam proses penjendalan darah.  Untuk mendiagnosis adanya sindroma antiphospholipid biasanya dengan menggunakan pemeriksaan laboratorium seperti kadar  antinuclear antibodi (ANA), Anticardiolipin (ACA) dan Lupus anticoagulan (LAC).

Masih banyak perdebatan mengenai efektifitas heparin ini. Namun beberapa penelitian berhasil membuktikan peningkatan keberhasilan perkembangan janin sampai waktu lahir.

Penggunaan heparin juga harus secara bijak.  Bila digunakan secara berlebihan maka akan terjadi kemungkinan perdarahan spontan, misalnya melalui hidung, atau menstruasi yang banyak dan lama.

Ada dua jenis antikoagulan yang biasa dipakai untuk terapi infertilitas yaitu Heparin, dan Aspirin dosis rendah (Aspilet).

Dr.D

Advertisements
Categories: Terapi Infertilitas
  1. andi
    20/01/2012 at 12:28 am

    He..he…Thanks alot Dok…besok ya aku mulai cerita unt share sedikit istriku pengalaman memakai Fraxiparine waktu anak pertama. Btw, skr aku sdg program yg ke-2,…jadi inget kemarin waktu telpon Ibu ke Magelang…ibuku cerita ketemu Dokter..trus Dokter waktu itu tanya …”Tante kapan Andi program lagi?”….Skr istriku masuk bulan ke-2…

    Andi

  1. No trackbacks yet.
Comments are closed.
%d bloggers like this: