Terapi

Terapi infertilitas difokuskan pada akar penyebabnya. Terkadang penyebab infertilitas tidak hanya satu namun dapat bersama-sama. Penyebab infertilitas juga bisa sesuatu penyakit yang dapat di obati, misalnya infeksi, kekurangan gizi atau hormon; namun ada juga yang tidak dapat diobati, misalnya faktor tuba yang tersumbat atau  organ reproduksi yang tidak terbentuk.

Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan, ada beberapa pilihan terapi yang dapat direkomendasikan.

Medikamentosa

Pemberian multivitamin, misalnya  vitamin E, sangat umum untuk diberikan.  Pemberian hormon-hormon tertentu disesuaikan dengan kondisi pasien, apakah pasien kekurangan atau kelebihan hormon tertentu yang menyebabkan tidak dapat ovulasi, atau menyebabkan sperma kurang sehat.  Pada kasus anovulasi, maka pemberian induksi ovulasi menjadi pilihan (lihat di halaman induksi ovulasi).

Pada kasus-kasus infeksi di organ reproduksi, tentu saja dokter akan memberikan obat antibiotik atau anti jamur yang sesuai.  Bila ditemukan resistensi atau kekambuhan maka dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium dahulu seperti kultur dan sensitifitas untuk mendukung terapi.

Senggama terencana dan konseling

Senggama terencana adalah pilihan pertama untuk pasien yang muda, menikah belum terlalu lama, dan tidak ada keluhan spesifik terhadap gangguan kesuburan.  Dalam program ini, selain konseling tentang masa subur, juga masalah frekuensi hubungan, dan teknik hubungan seksual.  Selain itu,sangat penting untuk konseling tentang hidup sehat dan teratur, diet dan olah raga.  Menjauhi rokok, minuman keras serta obat terlarang, mutlak diperlukan. Hal yang penting yang tidak kalah pentingnya adalah mengungkap masalah-masalah psikologis dan melakukan psikoterapi.

Pembedahan

Obstruksi tuba, myoma uteri, kistoma ovarium, abses tubo-ovarial,  endometriosis  atau perlengketan biasanya diperlukan tindakan pembedahan, baik dapat dengan laparatomi atau laparoskopi bila memungkinkan.   Terapi bedah untuk kondisi-kondisi dapat memperbaiki fertilitas pasien dan meningkatkan kemungkinan kehamilan.   Pada beberapa kasus bila ditemukan bahwa kasusnya sudah lanjut dan kemungkinan pembuahan alamiah sangat kecil maka dokter akan memberikan alternatif yang lebih memungkinkan seperti inseminasi intra uterin atau fertilisasi in-vitro (bayi tabung).

Inseminasi intrauterin (IUI)

Metode ini cocok untuk pasangan dengan infertilitas faktor pria yang ringan, endometriosis, faktor servik, dan infertilitas yang unexplained.  Sebagai syarat utama adalah minimal satu tuba falopi sehat.  untuk selengkapnya, lihat di halaman inseminasi

Bayi Tabung / IVF

Teknik Reproduksi Berbantu (Assisted  Reproductive Techniques / ART) adalah penggunaan teknik laboratorium untuk menyatukan telur dan sperma di luar tubuh wanita.  Hal ini juga sering disebut dengan terminologi medis In-Vitro  Fertilisation (IVF).  Pada perkembangannya sekarang digunakan teknik intra-cytoplasmic sperm injection (ICSI) dan invitro maturation (IVM) untuk meningkatkan keberhasilan IVF. Silakan membaca di halaman Bayi tabung

Dalam dunia medis, saat ini masih banyak sekali hal-hal baru yang sedang berkembang dan di kembangkan.  Setiap waktu berbagai program penelitian terhadap obat, hormon, metode, teknik, alat, bahkan manajemen laboratorium dan klinik infertilitas dilakukan oleh ahli-ART dan pusat-pusat penelitian di seluruh dunia. Semua yang terlibat tadi menginginkan untuk dapat meningkatkan keberhasilan program.  Menyadari hal tersebut maka tidak seharusnya para pasien infertil sampai putus asa. Masih terbentang luas harapan bagi mereka.

Satu-satunya hambatan yang nyata untuk terapi infertilitas adalah waktu dan usia.  Belum ada obat yang sempurna dan dapt memutar balikkan waktu yang berjalan. Oleh karena itu sebaiknya setiap pasangan infertil (dan dokter mereka tentu saja) menjadikan hal ini pertimbangan yang paling utama, supaya tidak ada kekecewaan di kemudian hari karena usaha yang belum maksimal.

 

dr.D

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: