Home > Infertilitas > Varikokel: Penyebab Kemandulan Pria yang Dapat Diobati

Varikokel: Penyebab Kemandulan Pria yang Dapat Diobati

Varikokel Penyebab Kemandulan Pria (yang dapat diobati)

Banyak pria tidak mengetahui dirinya menderita varikokel sehingga sulit membuat pasangannya hamil.

Pria dengan varikokel umumnya nyaris tanpa gejala, dan datang kepada kami setelah ada keluhan infertilitas (mandul).

varikokel

Sebenarnya, apakah varikokel itu?                                                    

Varikokel sebenarnya varises yang terjadi pada pembuluh adarah vena di testis. Terjadinya karena gangguan pada katub vena atau tekanan pada vena. Varikokel ini bisa menurunkan kualitas dan kuantitas sperma. Spermatozoa yang terbentuk bisa sedikit jumlahnya (oligospermia), atau memiliki motilitas yang rendah (asthenospermia), atau bentuknya tidak normal (teratospermia), atau kombinasi dari ketiganya (oligoasthenoteratozoospermia). Jadi jika Anda memiliki masalah infertilitas, dengan hasil analisa sperma seperti diatas, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan varikokel segera.

Etiologi:

Varikokel lebih sering terjadi pada testis sebelah kiri. Hal ini karena pembuluh vena di testis sebelah kiri ukurannya lebih panjang, katupnya lebih sedikit dan inkompeten. Sehingga pada pemeriksaan teraba lebih lebar dan berkelok-kelok. Bisa juga terjadi pada kedua testis, misalnya pada keadaan tumor.

Bagaimana varikokel mempengaruhi kesuburan pria?

Normalnya, sperma diproduksi pada testis dengan suhu yang lebih rendah dari suhu tubuh. Varikokel menyebabkan temperatur testis naik, terjadi kondisi hipoksia yang mengganggu spermatogenesis dan membunuh sperma.

Gejala:

Penderita varikokel sering tidak bergejala. Pada beberapa kasus yang saya jumpai, keluhan pasien bisa berupa:

  • rasa berat atau nyeri tumpul pada testis,
  • nyeri biasanya menetap dan mengganggu,
  • nyeri biasanya muncul bila kecapaian atau setelah ejakulasi,
  • pembengkakan atau benjolan pada satu atau kedua kantung testis
  • pada perabaan testis sebelah atas ditemukan benjolan menyerupai sekumpulan cacing (bag of worm)

Dari USG testis didapatkan pelebaran vena di testis. Peningkatan aliran darah pada kompleks pembuluh darah di testis ini terlihat jelas pada USG Doppler.

Pengobatan dan prognosis:

Meskipun masalah varikokel membayangi Anda, tak perlu gundah karena Anda masih punya harapan untuk memiliki anak. Di RSIA Gladiool tempat saya bekerja, anda bisa mendapatkan penanganan terbaik dari dokter bedah, urolog dan androlog. Tindakan pembedahan minor untuk varikokel dapat ditangani tanpa rawat inap (one day care) sehingga biaya lebih terjangkau. Operasi dilakukan dengan tekhnik Palomo yang membutuhkan sayatan kecil tepat di area varikokel, sehingga efek sampingnya minimal.

operasi palomo

Umumnya operasi membutuhkan waktu + 30 menit tergantung sisi testis yang terkena. Bila tidak ada keluhan, dua jam pasca operasi, Anda sudah diperbolehkan pulang. Berdasarkan pengalaman kami, pasien mengalami perbaikan analisis sperma setelah dua sampai tiga bulan, tergantung derajat keparahan testis sebelum operasi. Literatur menyebutkan, pasca operasi Palomo angka kejadian kehamilan dapat meningkat hingga 50%, baik melalui senggama terencana atau program IVF.

dr yunita.jpg

drYE (19/2/2016)

 

Categories: Infertilitas
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Silakan tulis komentar / pertanyaan anda di sini