Bayi Tabung (IVF)

Invitro Fertilization atau program bayi tabung, adalah suatu perlakukan khusus dilakukan dalam laboratorium untuk mempertemukan sel telur dan sperma di luar tubuh wanita.  Beberapa tahap dasar yang harus dilakukan adalah :

  1. Persiapan folikel (kantung telur), dapat dengan folikel tunggal atau multipel.
  2. Pengambilan telur
  3. Persiapan sperma
  4. Fertilisasi (pembuahan)
  5. Membiakkan embryo
  6. Memindahkan embryo ke tubuh wanita.

Dengan didasarkan perkembangan teknologi dan  metodologi  yang semakin maju di bidang kedokteran, para ahli fertilitas terus-menerus berupaya untuk meningkatkan keberhasilan IVF.  Hal ini mendorong pelayanan penanganan fertilitas semakin lama semakin rumit, bergantung pada teknologi tinggi, dan tentu saja mahal.

Gladiool IVF adalah klinik Bayi Tabung satu-satunya di Indonesia yang melakukan protokol Natural Cycle, dan mempunyai motto Simple and Affordable IVF.

Gladiool IVF berusaha memberikan pelayanan fertilitas dan bayi tabung yang prima, dengan mengutamakan kebutuhan individu masing-masing pasangan.  Meskipun upaya mencapai keberhasilan setinggi-tingginya, dengan mempertahankan standar akademik, keilmuan dan teknologi yang tinggi dalam setiap hal yang kita lakukan, kita juga mempunyai tujuan untuk memberikan yang terbaik bagi para pasien dengan cara yang paling sederhana.

Kita percaya bahwa untuk membentuk suatu bayi yang sehat  hanya diperlukan satu telur dengan kualitas baik. Sehingga protokol kami akan berusaha untuk mengurangi jumlah obat dan injeksi untuk menyelenggarakan pelayanan bayi tabung yang lebih mudah dan aman, dengan janji bahwa angka keberhasilannya dapat setara dengan bayi tabung konvensional.Dengan mempertimbangkan kondisi sosial masyarakat Indonesia, maka kami memutuskan untuk memberikan yang paling sesuai, yaitu :

IVF Siklus ALami (Natural Cycle)

IVF-SA adalah salah satu pilihan baru pengelolaan IVF.  Disebut juga sebagai IVF-tanpa obat, yang berarti tidak menggunakan obat kesuburan. Terapi ini menghindari semua obat kesuburan yang berfungsi merangsang indung telur untuk memproduksi banyak  folikel, kecuali pada saat pematangan akhir (trigerring). Selama terapi, kami akan memonitor pembentukan folikel yang terpilih secara alamiah, dan melakukan pengambilan telur sebelum ovulasi. Telur yang terpilih secara alamiah pada umumnya dianggap mempunyai kualitas yang terbaik dan mempunyai potensi terbesar untuk menjadi bayi yang sehat.

Wanita yang memilih IVF-SA pada umumnya menyukai sifat pendekatan holistik, yang lebih menyerupai konsepsi alamiah. Hal ini cocok dengan wanita yang lebih memilih gaya hidup tanpa obat. Juga cocok untuk wanita yang cenderung tidak bisa memproduksi banyak telur, meskipun diberikan obat kesuburan dosis tinggi sekalipun.IVF-SA merupakan pilihan untuk hampir semua pasien infertilitas.

Terdapat 7 keuntungan dari IVF-SA, yaitu :

  1. Menurunkan risiko efek samping dan komplikasi akibat obat kesuburan. (OHSS).  Menjadi pilihan terbaik bagi pasien yang mempunyai faktor risiko kanker payudara.
  2. Menurunkan lamanya waktu terapi dan lebih aman. Karena IVF-SA hanya mengambil satu telur, maka waktu yang dibutuhkanuntuk persiapan, monitoring dan tindakan lebih singkat.
  3. Saat pengambilan telur (OPU), tidak diperlukan pembiusan, sehingga risiko komplikasi, dan biaya anestesi menjadi tidak ada.
  4. Mencegah kehamilan kembar. Karena hanya mengambil satu telur dan mentransfer satu embrio, maka risiko terjadinya kehamilan kembar adalah kurang dari 1 %.
  5. Biaya lebih terjangkau. Biaya IVF-SA adalah kurang dari 50% dibanding IVF konvensional. Pasien dapat berhemat sekitar 20-30 juta rupiah setiap siklus.  Selain itu juga menghilangkan stres dan ketidak nyamanan akibat suntikan yang dilakukan tiap hari.
  6. Mengurangi kunjungan ke klinik. Rata-rata pasien hanya membutuhkan 2-3 kali kunjungan selama IVF-SA, dibandingkan 6-7 kali kunjungan pada IVF konvensional.
  7. Tidak tergantung pada usia pasien, tingkat FSH dan jumlah folikel antral.  Kami mempunyai tujuan untuk mengambil satu telur, membuat satu embrio yang baik untuk menghasilkan satu bayi sehat.

Terdapat 2 keterbatasan untuk IVF-SA, yaitu :

1) Karena hanya satu folikel, maka saat dilakukan OPU/pengambilan telur, kita  mungkin tidak mendapatkan telur atau telur yang ada tidak berkembang menjadi embryo yang sehat.

2) Karena hanya mempunyai satu telur, kami tidak mempunyai embryo ekstra untuk dipilih atau untuk simpanan. Namun jika pasien menginginkan menyimpan beberapa embryo, kami dapat membekukan embryo dari siklus-siklus sebelumnya sebelum melakukan transfer embryo.

Untuk selengkapnya, silakan kunjungi www.gladioolivf.wordpress.com

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: